MUSYAWARAH DUSUN (MUSDUS) DESA KERTOSARI SERAP ASPIRASI WARGA DESA

Kertosari - Tim penyusun RPJMDes melaksanakan Musyawarah Dusun (MUSDUS) di 4 Dusun untuk serap aspirasi warga masyarakat Desa Kertosari. Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan Januari 2020. Dimulai dari dusun Dadapan, Dusun Kebonan, Dusun Tesirejo dan Terakhir di dusun Krajan yang dilaksanakan pukul 19:00 WIB Ba'da Isya.

 
 Foto : Dok. Kim Desa Kertosari

 
                                                             Foto : Dok. Kim Desa Kertosari


Musdus dilaksanakan dalam rangka untuk menemukan potensi dan peluang pendayagunaan sumber daya desa, dan masalah yang dihadapi desa. Hasil dari musdus ini menjadi dasar bagi desa untuk merumuskan usulan rencana kegiatan yang meliputi Penyelengaraan Pemerintahan Desa, Pembangunan Desa, Pembinaan Kemasyarakatan Desa, dan Pemberdayaan Masyarakat Desa. Proses penggalian aspirasi dilakukan secara partisipatif dengan melibatkan seluruh unsur masyarakat desa yaitu yang dihadiri oleh Perangkat desa setempat, BPD, Kepala Dusun, RT dan RW, dan Tokoh Masyarakat setempat sebagai sumber data dan informasi.

 
 Foto : Dok. Kim Desa Kertosari 

 Foto : Dok. Kim Desa Kertosari 

Dalam sambutannya Edy Faizin, SE selaku Sekretaris Desa yang tergabung dalam Tim Penyusun RPJMDes mengatakan bahwa musyawarah dusun yang dilakukan malam ini merupakan forum musyawarah yang dilakukan untuk mencari menggali dan menampung aspirasi dan usulan-usulan warga dalam rangka menyiapkan rencana prioritas kegiatan yang nanti akan diuraiakan pada tahun anggaran 2021-2026. Diharapkan melalui musdus ini nantinya usulan-usulan yang ditulis masyarakat bisa terwujud dan bisa meningkatkan pembangunan yang maksimal khususnya di desa Kertosari. 



(Kim-Desakertosari2020)