POSKESWA PELANGI KERTOSARI PEDULI ORANG DENGAN GANGGUAN JIWA (ODGJ)

Kertosari - Poskeswa Pelangi merupakan Posyandu Kesehatan Jiwa yang peduli terhadap Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Poskeswa ini berdiri mulai bulan Januari 2018, yang di rintis oleh Yeyen Indayani Amd. Kep. (Perawat Ponkesdes Desa Kertosari) yang sekaligus pemegang program kesehatan jiwa Puskesmas Pasrujambe bersama Kader Kesehatan Jiwa (KKJ) Kecamatan Pasrujambe. 
Foto : Dok. Kim Desa Kertosari

Kegiatan ini dilakukan setiap satu bulan sekali yang bertempat di Balai Desa Kertosari dan diikuti oleh semua ODGJ sekecamatan Pasrujambe yang sudah mulai stabil kondisi kejiwaannya. Didalam kegiatan ini meliputi pemeriksaan kesehatan jiwa dan dilakukan pelatihan keterampilan membuat kebus dan keset.

Dalam acara audiensi dengan Bupati H. Toriqul Haq, M.M, Wakil Bupati Ir. Hj. Indah Amperawati, M.Si dan Ketua DPRD Kabupaten Lumajang H. Anang Akhmad Syaifuddin di acara Ngombe Kopi (Ngokop) Bareng Sewu Gelas, dilapangan Kecamatan Pasrujambe, sabtu (30/11/19). Yeyen Indayani menyampaikan bahwa belum ada pelatih dalam mencari potensi pada mereka (ODGJ) supaya mempunyai kegiatan sehingga tidak melamun yang menyebabkan penyakitnya kambuh, maka perlu adanya campur tangan dari Pemerintah Kabupaten Lumajang, dan selama ini yang kita lakukan hanya sebatas melatih membuat kebus dan keset.
Foto : Dok. Kim Desa Kertosari

Cak Toriq menyampaikan agar pak Camat Pasrujambe terus memantau kegiatan ini, "Sewaktu-waktu nanti saya, bunda Indah, dan Ketua DPRD akan kesana untuk melihat langsung kegiatan Poskeswa ini dan tentu ini memberikan arti pada kita semua karena memberikan pelayanan kejiwaan merupakan bagian dari keharusan kita sebagai manusia untuk sama-sama secara sosial memberikan kehormatan kepada sesama manusia".

Sementara itu, Bunda Indah menyampaikan nanti Poskeswa bisa bekerja sama dengan Dinas Sosial untuk dilatih sesuai dengan potensinya masing-masing.


(Kimdesa-kertosari)